Jumat, 21 Agustus 2015




have you ever been so lonely in the midst of a crowd and all you can do is just face it? i have.

depression. stress. tired?

is it that hard?

is it that complicated?

is it that must?

back into the first line. all you can do is just face.

but, could i ask for how long?

i mean, tidak semua orang bisa dengan mudah berbaur.
ada orang yg dengan mudah berbaur walau hanya sekali bertemu.
supel, orang sering mengistilahkannya.
namun, pernahkah terpikir bahwa ada orang di luar sana yg begitu sulitnya beradaptasi dengan orang yg pertama kali ditemui?
dia dengan gugupnya. dengan segala pemikiran yg berkecamuk di kepalanya. memikirkan harus bersikap bagaimana. percakapan seperti apa. memulai percakapan yg bagaimana.
tangannya dingin. suaranya bergetar. bahkan perutnya sampai mulas. dan dia bisa memikirkannya jauh2 hari sebelumnya bahkan hari2 setelahnya.
tidak mudah baginya. sangat tidak mudah.

saat orang lain yg notabene sudah saling kenal berkelompok membincangkan sesuatu, dia hanya bisa diam dan berpura-pura paham.
ikut tertawa seolah-olah mengerti akan apa yg sedang diperbincangkan.
sementara hatinya meratap. bingung. kalut. frustasi. depresi. stress.
dia ingin lenyap saat itu juga.
that's the before, current and after effect.

but life is like that. life doesn't go as the way you think. life is unexpected. unpredictable.

hidup itu tidak terbayangkan.
seringkali kau berkhayal hidup akan menjadi seperti ini, sementara kenyataan berjalan seperti itu.
yg bisa kau lakukan hanya..

menerima & menjalani dengan sebaik-baiknya.

dan menangis?
itu bukan ide yg buruk. setidaknya menangis membuang sedikit rasa sesak di dada. ya, sedikit. setidaknya itu lebih baik daripada tidak terbuang sama sekali.

Senin, 13 Mei 2013

Cerita Di Buka Jendela Bareng KS Banjarmasin


Cerita di Buka Jendela Bareng KS Banjarmasin

Jum'at, 10 Mei 2013

Seperti yg udah disounding, ks banjarmasin dijadwalkan utk ngumpul 04.30 wita di Siring untuk pengumpulan buku2.. Cuaca mendung saat itu, deg2an pake banget soalnya outdoor..  16.30wita aku & temenku uda standby di tempat, cuaca mulai gerimis & belum ada yg datang sementara respon sebelumnya lumayan byk yg siap datang.. Sekitar 17.00 lewat hujan mulai deras, kami pun memutuskan utk meninggalkan tempat & menuju gramedia veteran.. Ada sms masuk dari adek2 yg mau nyumbang buku & mereka akhirnya menyusul ke gramedia veteran.. Dropping pun dilakukan tepat di parkiran hehe.. Mereka cuma 2 orang tapi bawaannya satu plastik hitam besar


Sempet putus asa & kecewa karena byk yg ngga jd datang, terpikir “kok gini?” tapi ngga lama menjadi “masa gini sih?” dan muncullah ide >> kalau mereka ngga bisa datang kenapa ngga aku aja yg nyamperin & ambil bukunya? << aha! 

Sabtu, 11 Mei 2013
09.30 wita, Buku2 yg sdh terkumpul di hari jum'at ada satu plastik besar & satu plastik kecil aku drop duluan ke sekolah bawang, ditemani dengan adek2 dari dropyourbooks.. Mereka menyambut kami dengan hangat & sangat bersyukur jg berterima kasih.. Sempat dapat tawaran untuk mengajar namun sayang jam 10 aku harus ke kampus karena ada jadwal presentasi.. Walaupun sangat sebentar kami berkunjung ke sana tapi sempat dapat petuah tentang kerja keras :)
Siangnya, perealisasian ide >>kalau mereka ngga bisa datang knp ngga aku aja yg nyamperin & ambil bukunya<< dimulai, hubungin satu persatu adek2 & temen2 yg mau nyumbang, dan dimulailah kencanku dengan motor pink ku, semangattt!!! 
Pertama aku mendatangi rumah Azizah di veteran, lumayan macet karena efek dari pembangunan fly over, dan alhamdulillah dapat satu plastik besar.. Tapi Aziznya ngga mau didokumentasiin hehe, thx youu ziz
Next, sore nya aku janjian sama Yusrina di depan Beruntung, dropping pun dilakukan di pinggir jalan tepatnya di depan sebuah bank, dpt satu plastik & begitu aku tanya mau ngga didokumentasiin dia langsung antusias haha

Actually ada satu janji lagi, tapi pas aku uda di tempat janjian, smsku ngga direspon huhu

Minggu, 12 Mei 2013
08.30 aku otw ke kayutangi, menuju rumah Kiki di komp.Meranti (sebelumnya udah janjian tadi malam via sms), pada dasarnya aku ngga tau itu dimana, aku memang ngga hafal daerah Banjarmasin karena hometown aku ialah Barabai (5jam dari banjar), sampai di lapangan bola kayu tangi aku menunggu balasan sms dari Kiki yg lumayan lama karena ternyata dia masih tidur hehe, tidak terlalu sulit dicari berbekal dari petunjuk dari sms Kiki aku sampai ke rumahnya. Benar saja muka Kiki masih muka baru bangun tidur banget hehe.. Setumpuk buku pun didapat..
Siangnya aku janji ke rumah Thiara di gang gawi sabumi, menuju rumahnya aku benar2 melewati jalan2 yg belum pernah sama sekali aku lalui sebelum nya, dan di sini aku baru tau ada taman kamboja hihi.. Perjalanan lumayan jauh, alhamdulillah berhasil sampai di rumahnya meski sempat bingung juga karena banyak belok2 nya, satu kardus buku pun didapat..

Senin, 13 Mei 2013
Actually tadi aku nulis tahun 1990,refleks hee..
Menuju sekolah bawang, sedikit banjir di Kemiri Gatot Subroto.


Sebenarnya adek2 dan teman2 yg lain mau ikut karena penasaran banget sama sekolah bawang, tapi mereka ngga bisa karena pada sekolah & kerja, jadi aku sendirian ngantarnya..

Sampai di daerah pasar lima masih lengang tidak banyak motor yg parkir, menaiki tangga sampailah di sekolah bawang yg masih sepi ternyata, hanya ada tiga anak & satu org ibu2 yg mengantarkan anaknya. Hanya percakapan singkat yg terjadi dengan anak2 karena tak lama kemudian mereka tidur ternyata tadi malam mereka habis ngamen di banjarbaru, dpt 50rb katanya hehe.. Ngga lama kemudian datang kakak membawa kunci kelas, kelas pun di buka.. Sembari bantu2 bersih2 kelas, kami berdua bercakap2, aku pun dikasih tawaran untuk bantu ngajar di sana, mau bangett kataku tapi sayang aku ngga tinggal di banjarmasin tapi di barabai, ke banjarmasin cuma jum’at sabtu aja buat kuliah.. Setelah nyapu ngga lama kemudian datang cowok masih cukup muda hehe ternyata dia guru yg akan ngajar hari ini, Bapak Zakaria namanya mengajar Pkn.. “Darimana” tanya beliau, hampiirr aku mau jawab “habis jalan2 di hatimu” *eh untung buru2 nyadar.. Aku pun mengutarakan maksud kedatanganku ke sana.. Mereka pun berterima kasih banyak & mendo’akan kesuksesan CLS J



Ngga banyak anak2 yg datang karena lebih separo dari mereka sedang mengikuti kursus di Belitung

Sekilas tentang sekolah bawang
Inilah alasan kenapa buka jendela bareng ks banjarmasin diadain di sekolah bawang karena sekolah ini istimewa & penuh inspirasi seperti halnya CLS ! 

Tidak banyak yg tau tentang keberadaan sekolah ini, pun orang Banjarmasin nya sendiri.. 

sepintas setelah membaca SD Pasar Lima Banjarmasin, mungkin kita akan berpikir tentang sebuah SD yakni sekolah dasar yg terdiri dari kelas I sampai VI seperti biasanya, memiliki ruangan setidaknya 7 ruangan dg ruang guru.. 
namun hal ini tidak berlaku bagi SD Pasar Lima Banjarmasin..

SD Pasar Lima Banjarmasin lebih familiar (hmmm familiar? malah org yang asli banjarmasin aja masih banyak yang ngga tau kalau ada sekolah ini) dikenal sebagai Sekolah Bawang ini merupakan sekolah yang khusus buat anak-anak jalanan belajar, banyak juga diantara mereka yang masih memiliki orang tua tp mereka tidak mampu untuk bersekolah di sekolah formal, tidak mampu dalam hal ini bukan hanya tidak mampu dari segi biaya tapi juga dari segi waktu. Di sekolah formal waktu belajar biasanya dari jam 07.30 - 14.00 WITA sementara di SD Bawang waktu belajar nya relatif singkat yaitu dari jam 08.00 - 10.00 WITA karena hampir semua dari mereka masih harus bekerja selepas sekolah. Di sekolah formal juga mereka banyak mengeluarkan biaya, tapi di sekolah bawang mereka dapat pelajaran gratis & dikasih uang saku Rp.3.000 / hari. Di luar sekolah mereka juga diikutkan pelatihan keahlian bidang yg mereka ingin kuasai sambil kerja juga. Salah satunya ada yg dapat pelatihan otomotif.

Kenapa dinamakan sekolah bawang?
hal ini ada kaitannya dengan lokasi sekolahnya, sekolah bawang ini terletak di lantai 2 pasar lima banjarmasin yg berdekatan dengan pasar harum manis (pusat jual beli bawang di banjarmasin)
selain karna lokasinya, nama sekolah bawang juga berkaitan dengan profesi anak-anak sekolah bawang selepas sekolah, ya mereka sering dijuluki anak bawang karna pekerjaan mereka sebagai kuli dan pengupas bawang selepas sekolah

Sekolah ini jauh berbeda dari sekolah2 dasar pada umumnya. Ngga ada seragam, ngga ada kurikulum, ngga ada kelas I-VI seperti yg biasa kita temui di sekolah dasar.. Yg ada hanyalah satu ruangan sebagai kelas untuk belajar & satu ruangan untuk perpustakaan sekaligus TPA. Sekolah nya juga cuma dari jam 8 sampai 10, karena mereka banyak yg kerja sehabis sekolah. Jika mereka sudah dirasakan cukup dasarnya maka mereka bisa diikutkan paket C untuk mendapatkan ijazah. Sekolah ini didirikan bertujuan untuk mengurangi tingkat kriminalitas & pengemis di lingkungan sana karena itu pendidikan nya lebih ke karakter. 
Laskar pelangi nya banjarmasin ya mereka ini

Thx to..
Terimakasih banyaaak buat nunuy, lidya, yuli, azizah, yusrina, kiki, thiara atas sumbangan bukunyaa, Allah yg akan membalas semua kebaikan kalian aminnn... Mudah2an buku2 yg disumbangin bermanfaat untuk adik2, kakak2, bapak2 & ibu2 di sekolah bawang aminnn...

Yg partisipasi memang bisa dihitung dengan jari tapi buku2 yg didapat alhamdulillah banget.. 
Buka jendela bareng ks ini memberikan pengalaman yg begitu berharga + kado terindah buat aku pribadi tepat di usia 23 tahun ini dapat salah satu pembelajaran konkrit tentang kerja keras & pantang menyerah!

Buat CLS..
Kami ks banjarmasin meskipun ngga banyak, namun support & do'a kami selalu untuk kakak2, mudah2an champ series ini masuk final & jadi juaranya amin amin aminnn...! Keep focus & never give up! Fight Knights & still BEL1EVE! 

Karena CLS BISA!


Sampai ketemu lagi :D

Someday bakal ada NBL seri Banjarmasin aminnn...!

Sabtu, 14 Juli 2012

video


Nampak nya Manusia Setengah Salmon nya @radityadika malem ini ngga berhasil meninabobokanku seperti malem2 sebelumnya, insom yg sangat hebat..
Dan tiba2 aku ingat kalau moment2 NFC III yg sempat dibekukan beberapa bulan yg lalu belum masuk di list artikel, so I have to do this..

NFC III
Ngomongin NFC ini identik dengan kata serba pertama, pertama kali ke jkt, pertama kali naik busway, pertama kali liat langsung truk liberty, pertama kali ke GBK, pertama kali liat monas, pertama kali ke taman mini, pertama kali ketemu sama nidjiholic yg biasa ketemu di social media, dan di NFC jg kaos I’m nidjiholic dari mindtalk aku pakai :D
kali pertama aku ikutan nidjiholic futsal club (kata ikutan disini sempat bikin kak wijin —salah satu pemain dari CLS Knights—kaget, dikira aku main futsal haha). Padahal sebelum NFC ad konser 1 dekade nidji yg aku banget banget pengen nonton +udah dapet undangannya jg tapi terpaksa batal karna ngepas jadwal ujian, jadi, NFC ngga boleh batal juga.
Menuju NFC, aku & lati ke sby dulu terus ke jkt nya naik kereta api bareng NHSC, dan ini jg kali pertama aku naik kereta api haha, tapi aku banyakan tidurnya sih, ngga di pesawat, di bus, di mobil tiduuur hihi..
Sampai di jkt langsung ke tempat acara, langsung ganti baju pake baju mindtalk yg I’m #nidjiholic, ngga lama setelahnya nidji datang & ngobrol2 sama abang deh :D




Senin, 14 Mei 2012

Happy Bitrhday

whoaa udah 22 aja umur gw hihi..

ucapan bday dari kakak2 cls knights :D



Rabu, 02 Mei 2012

Moment Bersama CLS Knights Surabaya


MOMENT BERSAMA CLS KNIGHTS SURABAYA


#NBLIndonesia musim ini sudah berakhir, namun atmosfer nya masih berasa di sini (*pegang hati* hihi). Cukup banyak moment yang sempat dibekukan bersama kakak2 #clsknights ini…

Sebelum NBL seri sby dimulai, kami berkunjung ke mess #clsknights sby di gor kertajaya, sempat nyasar naik turun angkot (karena ini kali pertama kami ke mess hehe), akhirnya bisa sampai juga ke mess dengan naik becak, dan hari itu hujan…
Nyampe di mess ketemu kak asep (sebelum ketemu manggilnya om hihi), tapi kak dim ternyata belum datang. Ngga lama setelah ngobrol2 sama kak asep, kak dim datang naik motor dengan helm #pink nya hehe…
Foto2 sama kak dim, nyerahin hadiah, dan kak dim pun kaget kalau ternyata kami dari #banjarmasin hehe…
Kak dim ngajakin makan bakso tapi aku nya masih kenyang, yakin? Kata kak dim, udah kenyang habis ketemu kakak kataku hahaa, jadi kami balik aja (meskipun nyesal juga akhirnya haha).

NBL seri surabaya…
Pertama kali nonton NBL langsung di arena itu sesuatu banget, ya iya lah biasa nonton di tv, live streaming, sama ngikutin skor di twitter aja aku dugeun dugeun hebat, dan ini nonton live di arena, atmosfer nya gila banget #amazing banget deh

Crowded banget euy dbl arena nya, kami aja sampe duduk ngemper di depan tribun, yg datangnya belakangan malah enak banget duduk di pinggir lapangan, hehe (http://nblindonesia.com/v1/index.php?page=newsdetail&id;=1862)
Pertandingannya juga seru banget, cls vs sm, cuman beda 1 point





Esok hari nya kami mau liat cls latian tapi malah nyasar lagi dan akhirnya telat. Nyampe di mess uda selesai latiannya..

Hari itu cukup lama ngobrol2 sama kak wijin, mulai dari ngomongin kerennya kekompakan knights society kemaren, ngobrolin makanan khas banjar, kampung inggris (jadi ingat kak dim yang bilang “toefl mah nyalo aja haha”), ngobrolin kak sa hihi, sampai ngobrolin indomie haha.

Meet & Greet w/ #clsknights @ grand city sby 
(http://clsknightsfans.wordpress.com/2012/04/12/meet-great-di-surabaya-1/)(http://clsknightsfans.wordpress.com/2012/04/12/meet-great-di-surabaya-2/)
 
Banner nya baru masak, masih mulus hehe

Dan saatnya berburu tanda tangaaan hehehe 



Ini foto diambil dari facebook nya piero

Kak dim nya melet2 deh :p

Foto bersama ko itop & knights society surabaya

Dikasih roti sama ko itop :D

Kak yayan nya ngga ada ya

Dan banner pun hadir di dbl arena :D



Meskipun cls menelan kekalahan tapi tetap semangat J

Kak eeelllll hehehe

Sama ko prety dikasih gantungan kunci (oleh2 dari Bali katanya hehe gomapta ko :))


Angin nya kenceng banget hehe

Foto sama om azrul

Foto sama artis sbo hihi :p

Ini siapa ya, hahaa piss kakak, (koment nya  @ibnujamilo: seruuuu –di twitter–)

Sama coach risdi -yg fotoin kepencet zoom :(

Besoknya mba hesti kabarin via bbm kalau kami masuk jawa post hehehe

NBL Seri Jakarta

Menuju hall a senayan, naik busway

Ketemu kak el, hei banjarmasin ! kata kak el, udah makan belom?, beloom kata kami langsung nyamber, ya udah makan dulu sana kata kak el (lha kirain hahaha :p)

Mana banner? Kata kak dwi.. hahaha

Ketemu juga akhirnya sama kak idan hehehe (aku #TopicOfTheMonth November lho kakak hahaha)

Sayang sekali foto sama kak dim & kak wijin ngga bisa diselametin dari kamera nya kak sa L
Dan sayang banget juga champ series di jogja ngga keburu

Well, thx u #clsknights, thx u knights society sby (kak chandra, lia, karlinda, fariz, ais, jeje, mba hesti dan yg lainnya hee), dan kak mikka jugaa :D, eh ks juga hehee :p
Thx u buat best moment ini J

thx u juga buat mba di dbl store graha pena sama yg di hall a senayan, thx u buat sticker nya hehe :D

Sampai ketemu lagi di NBL musim depan dengan harapan liat cls di final, aminnn J


 tambahan foto deh yg sama pak Dahlan Iskan, pakai kaos cls soalnya hehe